Kelebihan BMW Dibanding Mobil Lainnya

Aksi Gila BMW M5 Pecahkan Dua Rekor Dunia Sekaligus
23 Januari 2018
440i Coupe M Sport
19 November 2019

Kelebihan BMW Dibanding Mobil Lainnya

Suatu pagi di hari minggu, saya jalan-jalan bareng keluarga. Ya cuma makan bubur saja ko, hehehe.. Parkirlah mobil saya tepat di depan tukang bubur, dan di sana memang sudah berderet mobil-mobil lainnya. Sambil nunggu bubur dihidangkan, maka jejeran mobil-mobil itu otomatis jadi pemandangan kami. Bukannya muji mobil sendiri, tapi kalau dilihat, kayaknya ko mobil kami yang paling terlihat mentereng. Kualitas catnya terlihat jauh lebih baik, apalagi dari sisi desain yang lebih elegant. Mobil yang lain rata-rata tahun 2010-an, padahal mobil saya tahun 2000, alias 10 tahun lebih jadul.

Itulah beberapa kelebihan dari mobil BMW. Dari sisi desain, orang bilang “everlasting model”, atau desain yang terlihat abadi bagusnya walaupun dari sisi usia sudah lebih dari 10 tahun. Mobil sedan saya adalah BMW 318 E46 M43 tahun 1999 akhir. Pada saat beli second 3 tahun lalu, yang terlihat bahwa itu mobil tua adalah lampunya yang sudah mulai terlihat buram. Tapi, sekarang banyak yang jual lampu-lampu “eagle eyes” dengan kisaran 2-3jta. Setelah lampu ganti, grill hitam juga ditempelin pelapis chrom, sehingga ‘hidung’ si BMW ini menjadi lebih bersinar. Dengan sedikit sentuhan itu, akhirnya mobil tidak terlihat tua, malah ada yang nyangka mobil baru, hehehe…

Berapa kisaran harga BMW 318 tahun 1999 ini? Sekarang kurang lebih 100jt. Nah jika anda punya uang hanya 100jt ini, boleh pilih mobil-mobil baru produk Toyota dan Daihatsu yang dikenal dengan mobil murah ramah lingkungan, atau mobil BMW jadul yang usianya sudah lebih dari 13 tahun ini. Walaupun jadul, tapi masih punya hal untuk dibanggakan, selain gengsinya, kelebihan BMW adalah sebagai berikut:

  1. Nyaman untuk dikendarai. Dengan ukuran ketebalan body 1.2mm khas pabrikan Eropa, mobil akan terasa mantap saat dijalankan. Jelas beda dengan mobil-mobil jepang yang standardnya hanya 0.8mm, apalagi yang murah meriah sehingga sering disebut mobil kaleng, hehehe…
  2. Aman. Dengan airbag yang mumpuni, kemudian rem ABS, dan fitur-fitur lainnya. Gigi ga bisa dipindah ke posisi R atau D kalau kita tidak injak rem, dan kunci ga bisa dilepas kalau tidak di posisi P. Jika terdeteksi masalah di sekitar kaki-kaki, maka mesin akan otomatis mengunci kecepatan pada angka tertentu, artinya ga bisa dibawa ngebut. Dan berbagai fitur lainnya yang secara matang dan penuh antisipasi disisipkan dalam mobil-mobil BMW ini.
  3. Responsif. Apalagi setelah menggunakan Norival type Aggressor, torsi jadi semakin mantap, baru diinjak sedikit saja, mobil sudah lompat, berbeda sekali saat pertama ambil, ada delay mulai dari gas diinjak sampai kendaraan bergerak. Tapi secara umum, BMW sangat responsif, apalagi saat kick-down, mobil langsung melesat.
  4. Mobil BMW berpenggerak roda belakang, yang secara teknis relatif unggul dibandingkan berpenggerak roda depan. Saat akselerasi, mobil tidak akan kehilangan tenaga, karena kendaraan akan menumpu ke belakang, sehingga roda akan semakin menancap dan membuat mobil makin melesat. Berbeda dengan penggerak roda depan, yang saat akselerasi, ban depan serasa melayang dan berpotensi kehilangan tenaga.
  5. Bengkel spesialis BMW sudah merata ke daerah-daerah, dibanding mobil Eropa lain seperti Audi atau Volvo. Untuk daerah Bandung, bengkel khusus BMW cukup banyak, tapi saya rekomendasikan yang di Jalan Veteran (Bintang Jaya Makmur). Tinggal cari saja orang yang bernama kang Iwan atau kang Yudhi, dijamin dia paham luar dalam, bahkan hanya melihatnya dari luar saja, he3…
  6. Spare part KW memang sangat jarang untuk BMW, walaupun tetap ada dan dimiliki oleh para teknisi bengkel. Berbeda dengan benz, yang katanya sudah banyak KW-nya. Tapi, dengan ketersediaan KW itu, harga benz jauh lebih tinggi dibandingkan BMW untuk spek yang sama. Jadi kesimpulannya, dengan harga yang tidak terlalu tinggi, sudah bisa dapat BMW yang speknya sama dengan benz yang harganya jauh lebih mahal.

Lantas adakah kekurangan-kekurangannya? Ya tentu saja ada, tapi dengan service rutin, pemakaian yang apik, mobil ini tidak rewel ko. Pokonya setiap 5000km dibawa saja ke bengkel, biarkan montir melihat secara keseluruhan keluhan yang ada. Ya demikianlah kelebihan BMW dibandingkan mobil-mobil lainnya, semoga bisa membantu bagi mereka yang ingin juga merasakan kenyamanannya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TELEPHONE